Notasi Lagu Hymne Guru

Notasi Lagu Hymne Guru


Sebelumnya terimakasih sama sobat yang telah berkunjung di blog ini, kali ini saya akan berbagi sama sobat lagu yang saat ini menjadi lagu wajib yang kini selalu dinyanyikan di sekolah-sekolah baik tingkat SD/MI hingga SMA/MA di Indonesia yaitu lagu Hymne Guru.

Perlu sobat ketahui bahwa lagu ini di ciptakan oleh seorang guru seni musik bernama Sartono yang lahir di Madiun, Jawa Timur pada tanggal 29 Mei 1936. Beliau mengajar di sebuah yayasan swasta SMP Katolik Santo Bernardus, Kota Madiun. Beliau sendiri memulai kariernya sebagai guru seni musik pada tahun 1978. Selama beliu menjadi guru sampai pensiun status beliau hanya sebagai Guru Tidak Tetap (GTT) dan tidak pernah di angkat sebagai pegawai negeri oleh pemerintah sehingga gaji beliau hanya pas-pasan untuk kebutuhan sehari-hari. Karena status beliau hanya sebagai Guru Tidak Tetap maka beliaupun tidak mendapat uang pensiun.

Karena kehidupan yang serba pas-pasan itulah maka beliau hanya hidup sederhana di rumahnya yang berdinding kayu di Jalan Halmahera Nomor 98 Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Beliau tinggal bersama istrinya, Damiyati, yang juga pensiunan guru SD setempat. Namun demikian prestasi beliau sangat luar biasa, beliau perna dikirim ke Jepang untuk studi banding, sementara lagu beliau yang sangat terkenal yaitu "Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" yang mungkin temen-temen semua sudah pada kenal dengan lagu tersebut, namun dari lagu tersebut yang saat ini telah menjadi lagu wajib di Kementrian Pendidikan, beliau tidak pernah mendapat royalti sama sekali dari pihak manapun juga.

Itulah sedikit uraian tentang sejarah pencipta lagu Hymne Guru yang mungkin bermanfaat bagi temen-temen semua untuk bisa menghargai dan mendo'akan beliau mudah-mudahan amal beliau, prestasi beliau, dan segala jerih payah beliau yang di sumbangkan untuk dunia pendidikan di terima oleh Tuhan dan di jadikan amalan yang baik sehingga menjadi jalan bagi beliau untuk menempati tempat yang sebaik-baik tempat disisi Tuhan Yang Maha Esa, amiin.

Untuk lebih detail tentang sejarah beliau bisa sobat kunjungi di https://id.wikipedia.org/wiki/Sartono_(guru).

Setelah mengetahui sedikit tentang sejarah pencipta lagu Hymne Guru kali ini saya akan membagikan secara gratis lagu Hynme Guru yang berbentuk Video dan Notasi dalam bentuk file PDF yang bisa sobat downloud disini. lagu ini saya buat dalam dua jenis suara yaitu suara 1 (Sopran) yang berasal dari pencipta asliya dan suara 2 (Alto) yang saya aransemen sendiri. pembagian suara ini biasanya sering digunakan untuk kepentingan paduan suara yang membagi-bagi suara menjadi beberapa bagian sehingga menghasilkan harmonisasi yang indah.

Hymne Guru Suara Sopran dan Alto


Dibawah ini merupakan contoh dari video lagu yang menggunaka dua suara yaitu sopran, alto. Selain menggunakan dua jenis suara saya sertakan pula acordnya agar lebih mudah mudah diikuti terutama pada bagian temponya, karena dalam paduan suara tempo disini merupakan bagian  yang tidak bisa dipisahka dalam sebuah pertujukan. Untuk notasinyamenggunakan notasi angka dan notasi balok, jadi bagi temen-temen yang bisa baca notasi balok maupun yang hanya bisa baca not angka semua sudah saya seretakan. Untuk notasi angka panjang pendeknya nada mengikuti notasi balok karena keterbatasan aplikasi.

Dibawah ini contoh notasi denngan suara sopran dan alto


Dan dibawah ini contoh dari video lagu Hymne Guru menggunakan suara Sopran dan Alto


Link Download Bisa Anda Kunjungi Dibawah ini
Download Via Google Drive

Download file PDF

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Notasi Lagu Hymne Guru"

Post a Comment